Header Ads

Cara Mengatasi Kekurangan Zat Besi Selama Masa Kehamilan


Salah satu resiko yang seringkali terjadi pada ibu hamil yaitu mengalami anemia. Dalam kondisi ini mampu memberikan resiko yang wajib diwaspadai karena bisa mempengaruhi kesehatan janin dan apabila anemia tidak segera ditangani maka bisa menimbulkan komplikasi yang lebih bahaya seperti persalinan prematur. Selain itu dampak buruk dari anemia juga berpengaruh pada berat badan bayi saat lahir.

Ada beberapa cara yang harus dilakukan para ibu hamil supaya melakukan pencegahan anemia, yaitu seperti berikut:

1. Konsumsi suplemen zat besi 
Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pencegahan anemia yaitu  mengkonsumsi suplemen zat besi. Untuk suplemen ini dapat dikonsumsi 2 hingga 3 kali untuk setiap harinya. Tetapi sebagian ibu hamil akan mengalami efek samping, misalnya seperti diare, sakit pada bagian perut, mual, nyeri pada ulu hati dan tinja berwarna gelap.

Jika Anda mengalami efek samping seperti ini, maka jangan ragu untuk segera mengkonsultasikannya kepada dokter. Saat ini konsultasi tidak harus datang bertemu langsung kepada dokter, karena secara online pun Anda bisa melakukan konsultasi seputar kesehatan Anda. Anda sudah bisa melihat informasi seputar zat besi dan anemia ibu hamil melalui https://www.guesehat.com/pentingnya-zat-besi-untuk-kehamilan-dan-mencegah-anemia.

2. makanan yang kaya zat besi
Selain mengkonsumsi suplemen zat besi, ternyata untuk asupan zat besi juga bisa ditemukan dari beberapa jenis makanan. Misalnya seperti daging merah, kacang-kacangan, sayur yang berwarna hijau, biji-bijian, telur, tahu, sereal yang telah difortifikasi zat besi dan yang lainnya.

3. Penuhi kebutuhan vitamin C
Vitamin C ternyata juga dibutuhkan oleh tubuh supaya bisa menyerap zat besi secara maksimal. Untuk vitamin C ini bisa ditemukan pada beberapa buah, seperti strawberry, jeruk, tomat dan yang lainnya.

Orang menganggap bahwa anemia bukanlah menjadi suatu penyakit yang perlu dikhawatirkan. Namun jika anemia terjadi pada ibu hamil tentu hal ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, karena hal ini bisa mengganggu tumbuh dan kembang dari janin serta kondisi kesehatan pada ibu secara menyeluruh. Untuk memudahkan Anda dalam mendapatkan informasi Anda bisa langsung berkonsultasi melalui guesehat.com.

No comments

Powered by Blogger.
IBX58B48398C06B1