Header Ads

Lakukan 4 Hal Ini Bila Anda Tidak Ingin Kipas Angin AC Anda Cepat Rusak


Kebutuhan akan perangkat pendingin ruangan saat ini memang terbilang cukup tinggi. Dengan semakin besarnya efek gejala global wamring membuat suhu di bumi semakin panas dan kemudian menjadikan produk pendingin ruangan laris manis di pasaran. Fenomena meningkatnya kebutuhan perangkat pendigin ruangan ini sendiri diikuti oleh munculnya beragam produk baru. Pada akhirnya saat berada di lapangan kita pun akan mendapati beberapa perangkat pendingin ruangan seperti air conditioner, kipas angin, air humidifier, air purifier dan juga air cooler atau juga disebut kipas angin AC. Dari beberapa produk ini, kipas angin AC menjadi salah satu pilihan yang semakin diminati masyarakat.

Kipas angin AC sendiri adalah perangkat pendingin ruangan yang bekerja untuk meningkatkan kelembaban udara. Dengan memanfaatkan air dingin pada tangki, kipas angin AC akan bekerja dengan melakukan proses kondensasi. Dari proses kondensasi ini maka akan dihasilkan udara yang lebih dingin dan sejuk untuk kemudian disebarkan ke ruangan. Meski kipas angin AC ini terbilang mumpuni, tapi produk yang tergolong perangkat elektronik ini juga bisa rusak bila digunakan tidak semestinya. Maka dari itu Anda yang telah membeli dan memiliki produk kipas angin AC dan ingin produk awet ini maka Anda harus melakukan beberapa hal berikut ini.

Kipas Angin AC
1. Jangan Taruh Dekat Air
Pertama, hal yang perlu Anda lakukan untuk menghindari kipas angin AC ini rusak adalah dengan tidak menaruhnya dekat air. Maksudnya di sini adalah Anda jangan menaruh kipas angin AC di area atau lokasi rumah yang di sana banyak air. Mengapa demikian? Seba kipas angin AC yang merupakan perangkat elektronik akan rentan rusak bila terkena air yang masuk ke dalam mesin. Sebenarnya di dalam perangkat ini memang ada air yang dibutuhkan untuk prosesnya. Tapi tentu keberdaan air dalam kipas angin AC ini tidak mengganggu kinerja mesin karena ada tangki sebagai wadah khususnya. Jadi bila Anda ingin kipas angin AC Anda tidak cepat rusak pastikan Anda menaruhnya di lokasi yang jauh dari air. Jangan lupa pastikan juga Anda menjauhkan perangkat ini dari bocornya air hujan dari atap rumah.

2. Pastikan Air Dingin Dalam Tangki Selalu Ada Sebelum Digunakan
Kinerja kipas angin AC memang bergantung pada keberadaan air dingin dalam tangki. Bila air dalam tangki kosong tentu kipas angin AC tidak akan bisa bekerja dengan maksimal. Tidak hanya bisa bekerja maksimal, tapi kipas angin AC yang menyala dengan kondisi tangki yang kosong maka hal ini bisa membuat perangkat tersebut cepat rusak. Mengapa demikian? Sebab kipas angin AC yang menyala tanpa air dingin akan membuat perangkat jadi panas. Dan bila hal ini terus-terusan berlangsung, hal ini akan membuat kipas angin AC akan cepat rusak. 

3. Rutin Bersihkan 1 Kali dalam Sebulan
Berikutnya, cara yang harus Anda lakukan untuk membuat kipas angin AC ini tidak cepat rusak adalah dengan rutin membersihkannya satu kali dalam satu bulan. Bersihkan saja bagian filter, tangki dan beberapa bagian lain agar saat digunakan kipas angin AC dapat bekerja lagi dengan optimal. Untuk membersihkan kipas angin AC sendiri terbilang mudah. Ini karena saat membersihkannya, Anda bisa melakukan sendiri tanpa bantuan orang lain atau tanpa perlu mendatangkan ahli service. Dengan mudah dan murahnya perawatan kipas angin AC ini seharusnya Anda tidak berat untuk menjalankannya.

4. Jauhkan Dari Api
Terakhir, cara yang harus Anda lakukan guna menghindari kipas angin AC tidak rusak adalah dengan menjauhkannya dari api. Jadi tidak hanya air saja yang perlu diwaspadai. Tapi keberadaan api juga perlu Anda jauhkan dari kipas angin AC. Hal ini dikarenakan api yang menyala bisa membuat kipas angin AC yang dekat dengannya jadi meleleh dan kemudian rusak. Jadi sebelum menyelakan perangkat ini pastikan saja untuk mencermati lokasi dan keberadaan api di sekitar kipas angin AC.

Demikinlah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat kipas angin AC tidak cepat rusak. Sebagai orang yang peduli dengan keawetan tentu beberapa langkah di atas adalah sesuatu yang penting untuk dilakukan. Jadi pastikan Anda untuk melakukan beberapa hal tersebut agar harapan memiliki perangkat kipas angin AC yang awet jadi tercapai.

No comments

Powered by Blogger.
IBX58B48398C06B1