Header Ads

Isi Ngabuburit Dengan Kegiatan Seru Dan Bermanfaat

Bulan puasa sudah di depan mata. Segala persiapan biasanya telah matang sebelum puasa pertama datang mulai dari target puasa, kapan mudik, hingga merencanakan kegiatan ngabuburit. Ya, ngabuburit merupakan kegiatan yang seru yang tidak akan bisa sama momennya ketika bukan di bulan suci Ramadhan. 

Istilah ngabuburit memang bukan dari Bahasa Indonesia, namun semua masyarakat di negeri ini telah paham mengenai arti dari istilah ngabuburit. Istilah ini berasal dari kata “burit” yang berarti sore atau senja berasal dari Bahasa Sunda. Secara definisi, ngabuburit dimaknai sebagai aktivitas menunggu buka puasa di sore hari. Berbagai aktivitas memang bisa dan terasa seru saat menunggu berbuka puasa. Mulai dari kegiatan yang dilakukan sendirian, maupun juga dilakukan bersama sama dengan teman.
Isi Ngabuburit Dengan Kegiatan Seru Dan Bermanfaat
Isi Ngabuburit Dengan Kegiatan Seru Dan Bermanfaat
Bagi anak muda, sangat banyak kegiatan ngabuburit yang bisa dilakukan. Yang pertama tentunya adalah meningkatkan ibadah. Sayang sekali rasanya jika bulan puasa hanya akan mendapatkan haus dan lapar saja tanpa mengumpulkan pundi-pundi pahala. Padahal, pada bulan suci Ramadhan tersedia banyak sekali kesempatan untuk meraup pahala dan juga memohon ampunan dosa. Salah satu kegiatan yang paling populer untuk menunggu berbuka puasa dan menambah pahala adalah membaca Al-quran. 

Membaca ayat - ayat suci dalam bulan puasa pahalanya akan berlipat lipat dibandingkan di hari biasa. Siapa yang tidak ingin mendapatkan ganjaran yang jauh lebih banyak untuk aktivitas yang sama dan tidak memberatkan? Apalagi, bagi sebagian besar orang akan lebih mendapatkan semangat membaca Al-quran ketika sedang berpuasa. Bisa juga diusahakan untuk menghafalnya agar semakin bertaqwa. 

Ada lagi kegiatan ngabuburit lainnya yang bisa mendatangkan pahala dan sering dilakukan orang yaitu mengikuti pengajian. Banyak sekali biasanya diadakan kajian agama ketika menjelang berbuka puasa. Hanya tinggal mendatangi masjid besar, biasanya ada penceramah yang siap membagikan ilmunya kepada masyarakat. Biasanya juga terdapat menu berbuka bersama yang dibagikan gratis kepada mereka yang telah mengikuti kajian.

Tidak hanya itu, kegiatan ngabuburit juga banyak yang seru namun tetap bermanfaat. Daripada hangout yang bisa merusak pahala, lebih baik menunggu berbuka puasa dilakukan dengan kegiatan positif dan menghasilkan. Misalnya adalah berjualan menu buka puasa. 

Banyak sekali jajanan buka puasa yang khas dan sangat potensial dibeli oleh masyarakat. Berjualan jajanan Ramadhan bisa mengajak teman teman, atau juga mengajak saudara agar lebih seru. Jangan salah, berjualan jajanan menjelang buka puasa bisa mendatangkan rupiah yang tidak sedikit. Lalu, bisa juga mengikuti kegiatan sosial. 

Bagi anda anak muda yang berada diperkotaan, tersedia lading pahala ketika ada kemacetan di waktu berbuka puasa. Kumpulkan dana bisa dari dana pribadi dengan teman teman anda atau adakan acara menggalang dana, lalu belikan minuman dan makanan ringan untuk mereka yang terjebak macet di saat adzan maghrib tiba. Kegiatan seperti ini bisa meningkatkan jiwa sosial, mempererat pertemanan, dan juga mendapatkan pahala.

No comments

Powered by Blogger.
IBX58B48398C06B1