Header Ads

Cara Mengurus STNK Hilang Tanpa Harus Bersusah Payah

Cara mengurus STNK hilang - STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan merupakan surat wajib yang harus dimiliki oleh pemilik kendaraan bermotor. Sebagai identitas kendaraan dan bukti seseorang telah membayar pajak kendaraan, keberadaan STNK sangat penting. Saat terkena Razia kendaraan misalnya, pemilik kendaraan bermotor harus menunjukan surat-surat penting seperti STNK dan SIM. Jika STNK hilang, pemilik kendaraan bermotor akan merasa pusing dan dibingungkan dengan kondisi tersebut. 

Pemilik kendaraan bermotor bahkan harus melakukan hal-hal yang diluar nalar untuk mendapatkan STNKnya kembali. Alasan mengapa pemilik merasa bingung saat STNK hilang adalah tidak adanya bukti kuat yang membuktikan bahwa kendaraan yang mereka kendarai merupakan milik mereka sendiri. Tak mengherankan, pemilik kendaraan akan berusaha keras untuk mendapatkan STNK yang telah hilang tersebut.
Cara Mengurus STNK Hilang Tanpa Harus Bersusah Payah
Cara Mengurus STNK Hilang Tanpa Harus Bersusah Payah
Jika para pemilik kendaraan mengetahui cara mengurus STNK hilang. Dengan pengetahuan seputar cara tersebut, mereka tidak harus merasa panik dan bersusah payah untuk mendapatkan Surat Tanda Nomor Kendaraan tersebut. Berikut ini merupakan cara untuk mengurus STNK yang hilang yang dapat Anda jadikan panduan:
  1. Cara mengurus STNK yang hilang dengan menggunakan foto copy STNK
  2. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan melaporkan kehilangan STNK kepada pihak kepolisian. Pihak kepolisian akan memberikan surat kehilangan sehingga pemilik kendaraan akan diberi kesempatan untuk membuat STNK yang baru.
  3. Mengurus kelengkapan adiministratif yang terdiri dari KTP pemilik kendaraan, foto copy STNK yang hilang, surat kehilangan yang berasal dari kepolisian, foto copy BPKB.
  4. Mendatangi kantor SAMSAT
  5. Mengecek fisik kendaraan
  6. Cara mengurus STNK yang hilang tanpa menggunakan fotocopy STNK
  7. Menyiapkan berkas sebagai syarat administrasi
  8. Meminta foto copy BPKB dari dealer
  9. Menyiapkan foto copy KTP
  10. Membuat surat kehilangan kepada kepolisian
  11. Melegalisir foto copy BPKB dari pihak kepolisian
  12. Mendatangi kantor SAMSAT
Saat berada di kantor SAMSAT, pastikan jika kesemua berkas yang diperlukan telah dipersiapkan terlebih dahulu. Dengan begitu, pemilik STNK yang hilang hanya perlu melakukan prosedur pembuatan STNK yang hilang. Dengan begitu, pemilik Surat Tanda Nomor Kendaraan dapat menghemat waktu mereka dengan baik tanpa harus melakukan hal yang percuma. Pembuatan STNK yang baru hendaknya dilakukan dengan segara untuk mendapatkan kejelasan akan kepemilikan kendaraan. 

Dengan surat kepemilikan kendaraan tersebut, pemilik kendaraan tidak perlu resah lagi berhadapan dengan kepolisian saat berkendara. Ulasan yang telah dijelaskan sebelumnya dapat dijadikan paduan pemilik kendaraan yang sedang mengalami kehilangan surat penting dalam berkendara. Cara mengurus STNK hilang tersebut setidaknya dapat membantu pemilik kendaraan untuk mengurangi tingkat stress akibat kehilangan STNK tersebut. Tidak perlu panik dan bingung lagi, dengan penjelasan cara mengurus STNK yang hilang, pemilik kendaraan dapat berkelana di jalan tanpa merasakan rasa khawatir lagi.

No comments

Powered by Blogger.
IBX58B48398C06B1